Sempat Unggul Terlebih Dahulu Dari Skotlandia, Timnas U-19 Akhirnya Pulang Tanpa Poin

Usai sudah perjalanan Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri di TOulon Tournament yang digelar di Prancis.

Di laga akhir melawan Skotlandia yang dilangsungkan pada hari Selasa (6/6/2017) malam WIB, Timnas U-19 dipaksa menyerah dengan skor tipis 1-2.

Di pertandingan terakhir Toulon Tournament tersebut, Garuda Nusantara – sebutan lain Timnas U-19 – sempat unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak oleh Hanis Saghara Putra pada menit ke-24.

Gol Hanis Saghara Putra tersebut menjadi satu-satunya gol yang pernah dicetak oleh pemain Timnas U-19 di Toulon Tournament.

Proses gol yang dicetak oleh Saghara Putra tersebut bisa dibilang cukup istimewa dan sangat cerdik. Sebelum menyarangkan gol perdana bagi timnas di turnamen tersebut, Saghara Putra berhasil melewat pemain belakang Skotlandia dan kemudian melepaskan tembakan menyusur tanah ke bagian kanan gawang Skotlandia.

Gol tersebut seakan malah menjadi pelecut bagi para pemain Skotlandia yang memang mengincar kemenangan untuk memperbesar kans lolos ke babak selanjutnya.

Tak pelak, selepas gol tersebut, pemain Skotlandia seakan mengurung pertahanan Garuda Nusantara, hasilnya di menit ke-33 Skotlandia berhasil mencetak gol penyeimbang melalui pemain Ryan Hardie.

Sayangnya di babak kedua, Skotlandia mendapatkan hadiah tendangan penalti akibat pelanggaran yang dilakukan oleh para pemain Timnas U-19 di area kotak terlarang.

Ryan Hardie yang maju sebagai eksekutor tak membuang peluang ini, dan Hardie pun mencetak gol keduanya ke gawang Indonesia. Skor 2-1 untuk keunggulan Skotlandia terus bertahan hingga babak kedua usai.

Dengan hasil ini, Timnas U-19 menduduki posisi juru kunci Grup C dengan tanpa meraih satu poin pun, dan kebobolan lima gol serta memasukkan satu gol.

Seperti yang dilansir oleh Juara.net (7/6/2017), berikut ini susunan pemain di pertandingan terakhir Grup C Toulon Tournament antara Skotlandia Vs Timnas U-19

Indonesia U-19: Muhammad Riyandi, M. Rifad Marasabessy, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Irsan Rahman Lestaluhu (Andika Firza 67′), Witan Sulaeman, M. Lutfi Kamal Baharsyah, Adha Nurrokim (Feby Eka Putra 50′), Resky Fandi Witriawan (M. Iqbal 32′), Hanis Saghara Putra, Egy Maulana Vikri (Hidayat Aulia 70′)

Skotlandia U-20: Jack Ruddy, Anthony Ralston, Alec Iacovitti, Jamie McCart, Greg Taylor, Aidan Nesbitt (Jordan Holsgrove 41′), Ross McCrorie, Iain Wilson, Adam Frizzell (Joseph Thomson 69′), Ryan Hardie (Zak Jules 82′), Craig Wighton (Ruben Sammut 75′)