Rafael Struick: Biodata, Profil dan Statistik

Photo of author
Written By LigadotID

Liga.ID - Berita Bola Terkini Liga Indonesia, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spayol, Moto GP, ProLiga dan lain-lain.

Rafael Struick adalah salah satu talenta muda paling menjanjikan dalam dunia sepak bola Indonesia saat ini.

Dengan kemampuan teknis yang luar biasa, kecepatan, visi permainan, dan dedikasinya, Struick telah menunjukkan bahwa dia memiliki potensi untuk menjadi pemain top di level internasional, terutama di Timnas Indonesia.

Tak heran, dengan kemampuan individu dan skill bermainnya, Rafael Struick menjadi salah satu pemain kesayangan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Biodata

Rafael Struick merupakan pemain sepak bola naturalisasi asal Belanda yang memiliki darah Indonesia dari kedua orangtuanya. Pertama kali sosok Rafael disorot kala ia bermain di laga FIFA Matchday antara Indonesia lawan Palestina.

Rafael Struick memiliki darah Indonesia dari kedua belah pihak orangtuanya. Papanya yang bernama Brian Struick adalah warga negara Belanda keturunan Indonesia.

Neneknya Rafael dari pihak papanya bernama Eleonora Fredrika Rientsma Struick. Sang nenek merupakan perempuan kelahiran Semarang, 24 April 1952. Sementara itu, mamanya Rafael yang bernama Noraly Soeditor memiliki darah Suriname dan Jawa.

Rafael Struick telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada tanggal 22 Mei 2023 dan telah mengambil sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta. 

Biodata dan informasi pribadi Rafael Struick:

  • Nama Lengkap: Rafael Wiliam Struick
  • Nama Panggilan: Rafael Struick
  • Tanggal Lahir: 27 Maret 2003
  • Tempat Lahir: Leidschendam, Belanda
  • Usia: 21 Tahun (per 2024)
  • Kebangsaan: Indonesia
  • Posisi Utama: Penyerang (Centre Forward)
  • Posisi Lainnya: Penyerang Sayap Kiri, Penyerang Sayap Kanan
  • Tinggi Badan: 187 cm
  • Berat Badan: 75 kg
  • Kaki Dominan: Kanan
  • Agama: Kristen
  • Instagram: rafaelstruick

Profil

Karier

Rafael Struick memulai perjalanan sepak bolanya di usia yang sangat muda dengan bergabung dengan salah satu klub yang ada di Belanda, RKAVV Yth.

Di tahun 2020 Struick kemudian memiliih meninggalkan RAVV Youth dan bergabung dengan akademi sepak bola ADO Den Haag, salah satu klub profesional terkenal di Belanda.

Di akademi ini, dia mendapatkan pelatihan yang lebih intensif dan berkesempatan untuk berkembang di lingkungan yang kompetitif.

Di ADO Den Haag, Rafael Struick bermain di kelompok umur U18 dan kemudian bermain di kelompok umur U21 sampai akhirnya di bulan Juli 2022, Rafael Strucik masuk ke skuad utama ADO Den Haag.

Di ADO U21, Rafael Struick telah bermain sebanyak 40 pertandingan dan mencetak 10 gol serta 10 assist. Sementara di kelompok U18, Rafael Struick hanya bermain sebanyak empat pertandingan, namun berhasil mencetak 3 gol dan 1 assist.

Di ADO Den Haag senior, Rafael Struick telah bermain sebanyak 8 pertandingan.

Kecepatan, visi permainan, dan ketajamannya di depan gawang kemudian membuat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tertarik untuk menjadikan Rafael Struick bagian dari skuad Timnas Indonesia melalui proses naturalisasi.

Rafael Struick yang memang memiliki darah Indonesia tertarik dan kemudian bergabung dengan Timnas Indonesia melalui proses naturalisasi.

Saat artikel ini ditulis, Rafael Struick telah bergabung dengan tim Garuda Muda dan Timnas Senior dengan telah mencetak tiga gol di bawah kepelatihan Shin Tae-yong.

Statistik Bermain

Kompetisi

CompetitionMainGoalAssists
O21 Div. 1 Fall2174
O21 Div. 1 Spring1611
Keuken Kampioen Divisie6
U18 Div. 2 Fall431
O21 Div. 2 Spring32
TOTO KNVB Beker1
Keuken Kampioen Play-Offs1
U18 Cup Netherlands

Klub

KlubMainGoalAssists
ADO U2140105
ADO Den Haag8
ADO U18431
 Tim NasionalDebutMainGoal
IndonesiaJun 14, 202310
Indonesia U23Sep 9, 202383
Indonesia U20Nov 19, 202211

Tinggalkan komentar

Berita Bola Terbaru